Sabtu, 06 Oktober 2012

Dengan AMD, Aplikasi Android Bisa Jalan di PC

AMD mengambil langkah sendiri untuk ikut serta dalam bisnis mobile. Pabrikan prosesor tersebut Kamis (27/9/2012) kemarin meluncurkan situs AMD AppZone Player yang antara lain berisi aplikasi-aplikasi Android khas mobile seperti  Fruit Ninja.

Uniknya, aplikasi-aplikasi ini bisa dijalankan di komputer berbasis Windows 7 dan Windows 8 yang dilengkapi prosesor AMD. Para pengguna tersebut bisa mencari dan men-download aplikasi Android melalui portal milik AMD itu.

Untuk mewujudkan hal ini, AMD bekerja sama dengan BlueStacks, perusahaan yang mengembangkan teknologi guna menjalankan aplikasi Android di PC. Produsen prosesor itu pun bisa mengekspos sekitar 100 juta komputer Windows pengguna prosesornya pada lebih dari 500 ribu aplikasi Android. Software BlueStacks juga dioptimasi untuk hardware AMD.

"Riset kami menunjukkan bahwa perangkat pertama yang dimiliki oleh para konsumen yang paling muda, yang paling baru, adalah perangkat mobile," ujar CEO BlueStacks Rosen Sharma, seperti dikutip VentureBeat.

"Kemudian mereka mendapatkan PC dan berharap perangkat itu punya aplikasi seperti yang terdapat pada perangkat mobile-nya.  Hal ini menempatkan AMD dalam posisi yang bagus untuk menjaring para konsumen muda yang memiliki pertumbuhan pesat."

Bulan Juni lalu, BlueStacks pernah mengumumkan kerjasama dengan Asus, tetapi perjanjian dengan AMD ini boleh jadi lebih membantu perusahaan startup itu. Sekarang BlueStacks bisa menyasar pengguna Windows 8 dengan komputer berbasis prosesor AMD, termasuk tablet dan laptop touchscreen yang lebih cocok untuk menjalankan aplikasi Android.

Sumber :KOMPAS.com - Venturebeat
Editor :Wicaksono Surya Hidayat

0 komentar:

Posting Komentar